Saturday, November 18, 2017

Ular cabe merah

Sulit untuk menggambarkan keunikan ular cabe merah. Ular yang hidupnya tersebar luas di Indonesia itu dinilai cantik,mematikan tapi sekaligus menginspirasi penyembuhan rasa sakit. Bisa ular tersebut akan memicu terjadinya kejang luar biasa dan paralisis atau kelumpuhan. Jika digigitnya,manusia akan mengalami kematian yang mengerikan.
Sifat ular ini tidak agresif. Bahkan ketika merasa terancampun,ular ini hanya membalikkan bagian bawah tubuhnya yang kemudian secara dramatis aksinya ini memperlihatkan warna hitam dan putih kontras sebagai tanda peringatan. Tapi spesies kecil ini tetap harus diwaspadai karena walaupun sifat alami ular ini tidak agresif,bisanya itu lho....mak nyuuusss....
Ular ini sebenarnya ada disekitar kita,bahkan ular dari family elapidae ini juga bisa ditemui dikota besar. Tapi karena ukuran ular yang sangat mini & tinggalnya yang dibawah tanah,jarang orang yang melihatnya.
Makanan pokoknya adalah telur cacing,kodok kecil dan ular kecil lainnya.
Habitat ular cabe tersebar dihutan2,daerah genangan air dan berlumpur,terkadang berkembang biak diarea pertamanan dan perkebunan di Jawa,Sumatra ,Kalimantan,Thailand selatan,Singapura dan Filipina.
Ular cabe memiliki ciri2 punggung berwarna hitam,disepanjang badan ular ini terdapat garis menyerupai pita berwarna kuning atau jingga dan bercabang dua dikepala. Ekir berwarna merah dan panjang maksimalnya hanya 50cm. Taringnya terletak pada bagian depan rahang atas. Taring ini permanen dan pendek. Tapi biarpun kecil ular ini memiliki bisa yang sangat kuat yang bisa merusak sel-sel saraf pernapasan sehingga korban yang digigitnya tidak bisa menghirup oksigen untuk memetabolisme sel. Efek yang diakibatkan gigitan ular ini adalah pusing,muntah,perasaan tidak enak,luka bengkak dalam waktu 1 hingga 2 jam,korban merasa sangat mengantuk,kesadaran menurun,bicara kurang jelas,pupil mata membesar dan kelopak mata tertutup.
Pernah ada kejadian seorang anak kecil yang tergigit saat bermain kolam bola. Anak itu mengalami demam tinggi saat pulang kerumah. Ibunya tidak langsung membawanya ke RS karena menyangka anaknya hanya demam biasa. Akibatnya anak ini mengalami sesak nafas,tubuhnya membiru,saat dibawa ke Rs nyawanya sudah tidak tertolong. Dokter mengatakan anak itu terkena racun ular cabe. Dan ketika kolam tempat anak itu bermain semalam dikuras ,ternyata dibawahnya ada sarang ular cabe.

No comments:

PAK NDUL DIKEJAR DAWANG TURONGGO MUDHO KENDAL

PAK NDUL DIKEJAR DAWANG TURONGGO MUDHO KENDAL TERBARU 2020 pimp:Bp.raden mas dwi kp  Cp: 083 860 043 03 by: GS Production Cp: 089 822 540...